PENTINGNYA "PERENCANAAN BISNIS"

Posted by Mas Anto Selasa, 30 April 2013 1 komentar



Beberapa orang menganggap sebuah perencanaan bisnis adalah sebuah hal yang tidak begitu penting, terlalu banyak teori dan bertele-tele, tapi tahukah anda Pentingnya Perencanaan Bisnis Itu? berikut ini adalah contoh kasus yang pernah di hadapi oleh beberapa orang termasuk saya.

Sebut saja Tarno dan Rudi.
Ketika itu Tano dan Rudi berbincang- bincang bagaimana caranya mendapatkan penghasilan yang bisa untuk menghidupi untuk masa mendatang, ketika itu mereka baru lulus kuliah. Nah si tarno ini orangnya cepat dalam bergerak, tidak terlalu lama dalam mempertimbangkan sesuatu untuk menjalankan sebuah usaha, akhirnya dia menemukan ide untuk menjadi penjual sabun kecantikan. Sementara si Rudi masih merencanakan bisnisnya dengan hati-hati, dia ingin membuka warung makan yang profesional dalam pelayanan dan kualitas makananya.

Perencanaan bisnis
Baru beberapa saat saja rudi sudah bisa menjual dengan banyak sabun itu, akhirnya dia merekrut karyawan untuk menaikan omset penjualan. Wow amazing semakin hari semakin berkembang saja usahanya. Suatu hari Tarno mendatangi Rudi dan menanyakan bagaimana kabar bisnisnya? karena melihat si Rudi belum action apa-apa da hanya masih dalam perencanaan si Tarno agak menyindir Rudi dengan kata kata, Yang penting ACTION saja untuk apa terlalu banyak dalam pertimbangan lihat bisnisku sudah semakin berkembang tanpa perencanaan yang begitu detil. Rudi masih belajar membuat makanan yang baik, murah dan bergizi, beberapa uci coba penelitian di lakukan dengan cara mengambil sampel 30 orang untuk menilai makananya, beberapa kritikan dan masukanpun menjadi bahan pertimbangan yang lebih baik. dia juga konsultasi bagaimana memulai sebuah usaha restaurant kepada teman yang sudah berhasil di bidangnya, beberapa rekan juga memiliki usaha Dalam bentuk PT, diapun membuat janji dan mengkonsultasikan usaha yang akan di bentuknya agar di buat memiliki legalitas yang aman seperti PT, dan beberapa rekan bisnis lainya seperti bagian HRD agar dapat merekrut karyawan dengan benar.



setelah 5 bulan berlalu ternyata usaha si Tarno gulung tikar karena dia tertipu oleh rekan bisnisnya, itu karena kesalahan dalam membuat perjanjian sendiri yang mana dia belum pernah membuat perjanjian yang benar dalam usahanya tersebut. usahanya bangkrut hutang menumpuk belum lagi investor yang masih mengejar dia untuk mengembalikan uangnya, semua karena salah dalam membuat perjanjian. belum lagi usahanya masih belum berbadan usaha, dia tidak tahu kalau seandainya dulu usahanya berbadan hukum seperti PT maka aset pribadinya akan terlindungi. Belum lagi Karyawan pada pergi dan stok barang masih menumpuk, itu karena salah dalam merekrut orang menjadi pekerjanya.

Itulah mengapa Pentingnya Perencanaan Bisnis , berbeda dengan rudi dia sangat berhati-hati dalam melangkah dan memiliki bahan pertimbangan yang jelas dan detil. semua perencanaan bisnisnya di buat untuk menghindari resiko kerugian atau dalam arti bagaimana mengurangi resiko dengan benar.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PENTINGNYA "PERENCANAAN BISNIS"
Ditulis oleh Mas Anto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://jualbeliide.blogspot.com/2013/04/pentingnya-perencanaan-bisnis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Arulmuarom mengatakan...

ada yg mau jadi konsultan saya? di gaji nasi padang per jam :D

Posting Komentar

Belajar SEO support Online Shop Sepatu Wanita - Original design by Bamz | Copyright of JUAL BELI IDE USAHA.